Bunga Anggrek Mini Ditemukan Di Kalimantan

Friday, July 13th 2012. | Science
Bunga anggrek memang dikenal sebagai sebuah bunga yang mempunyai ciri khas tersendiri. Mulai dari habitat hidupnya yang menempel di pohon inang, hingga ragam warna dan jenisnya yang mencapai ribuan dari seluruh dunia. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara yang mempunyai spesies bunga anggrek yang sangat banyak. Hal ini juga dipengaruhi oleh iklim tropis di Indonesia dan masih banyaknya hutan hujan tropis yang terdapat di berbagai pulau di Indonesia.
Penemuan spesies bunga anggrek baru di Kalimantan
Sedangkan salah satu pulau yang memiliki kekayaan spesies bunga anggrek adalah Pulau Kalimantan. Dengan topografi berupa hutan hujan yang relatif belum banyak tereksplorasi, Kalimantan menyimpan ribuan spesies bunga anggrek yang telah teridentifikasi dan mungkin masih ada ribuan lainnya yang belum ditemukan. Salah satu spesies bunga anggrek yang baru ditemukan adalah Dendrobium mucrovaginatum Metusala & J.J.Wood. Jenis bunga anggrek ini mempunyai kelopak bunga yang kecil sehingga disebut dengan anggrek mini.
Diameter bunganya hanya 1 cm, sedangkan rata-rata bunga anggrek mempunyai diameter 5 cm dan bisa mencapai 10 cm untuk jenis bunga anggrek besar. Jenis baru bunga anggrek ini ditemukan oleh peneliti dari Kebun Raya Purwodadi, Destario Metusala. Selain bungannya yang mungil, ada keunikan lain pada jenis bunga anggrek baru ini yaitu adanya tonjolan yang menyempit dan mempunyai ujung runcing di bagian pelepah daunnya. Bentuk uniknya inilah yang membuatnya digolongkan pada spesies “mucrovaginatum”.
Bunga anggrek D.mucrovaginatum ini baru diketahui merupakan sebuah spesies baru setelah sebuah spesimen dikembangkan dan menghasilkan bunga oleh tim peneliti dari Kebun Raya Purwodadi. Dalam pertumbuhannya, bunga anggrek D.mucrovaginatum ini merumpun dan tingginya bisa mencapai 30 cm. Meskipun begitu ukuran batangnya juga cukup kecil, hanya 1 mm dan di bagian pangkalnya menggembung untuk menyimpan cadangan makanan.
Destario menjelaskan bahwa penemuan spesies bunga anggrek baru tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan komersil. Dunia bisnis bunga anggrek bisa diuntungkan dengan mengembangkan jenis bunga anggrek hibrida dari persilangannya dengan jenis bunga lain. Keunggulan dari D.mucrovaginatum yang bisa berbunga sepanjang tahun bisa dimanfaatkan untuk menciptakan sebuah spesies hibrida dengan sifat bunga yang cantik dan bisa berbunga sepanjang tahun. Selain itu postur bunga anggrek yang mini juga cocok untuk ditanam pada tempat yang sempit seperti di lingkungan apartemen.
Incoming search terms:
• bunga anggrek di hutan hujan tropis
• hutan hujan tropis di indonesia
• penemuan anggrek terbaru yang ada di kalimantan
• spesies bunga baru
• tanaman anggrek terbaru

//

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s